Cnidaria:Ciri-Ciri, Klasifikasi dan Peran Cnidaria

Ciri-Ciri Cnidaria
Cnidaria adalah filum invertebrata yang terdiri lebih dari 10.000 spesies hewan sederhana yang hanya ditemukan di perairan. Dari sudut etimologi Cnidaria berasal dari bahasa yunani yaitu “cnidos” yang berarti “jarum penyengat” karena memiliki kemampuan menyengat di tentakelnya. Cnidaria memiliki ciri umum, yaitu
  • Tubuh simentri radial
  • Tubuh diploblastik, diantara lapisan tersebut terdapat materi seperti jeli yang di sebut masoglea
  • Memiliki rongga tubuh yang digunakan sebagai usus
  • Habitat hidup di perairan
  • Pencernaan makanan dengan sistem gastrovaskuler
  • Sistem pernafasan secara difusi
  • Sebagian bersifat hemaprodit atau berkelamin ganda dan ada juga yang bersifat gonochoris ( sperma dan ovum dihasilkan oleh individu yang terpisah)
  • Memiliki tentakel dengan sengat/nematochis
  • Memiliki dua bentuk tubuh, polip yang hidup menempel di dasar perairan dan medusa yang hidup bebas di perairan.
  • Bereproduksi dengan secara aseksual pada bentuk polip dan seksual pada bentuk medusa
Klasifikasi Cnidaria
Berdasarkan bentuk dasar tubuhnya, cnidaria dibagi menjadi tiga  kelas, yaitu
  • Hydrozoa

Sebagian besar hydrozoa hidup di laut dan berkoloni. Hydrozoa memiliki siklus hidup dengan bentuk polip yang lebih dominan daripada medusa. Reproduksi hydrozoa dapat dengan cara seksual yaitu pembuahan sel sperma dan telur pada bentuk medusa dan aseksual dengan tunas dan regenerasi pada bentuk polip. Contoh spesies dari kelas hydrozoa yaitu obelia dan hydra.
  • Scyphozoa

Scyphozoa berasal dari kata “skyphos” yang berarti mangkok yang mengacu pada bentuk umumnya. Seluruh anggota scyphozoa hidup di laut. Ciri utama dari scyphozoa adalah bentuk medusa lebih dominan daripada bentuk polip dan memiliki lapisan mesoglea yang tebal. Contoh spesies dari kelas scyphozoa adalah ubur-ubur ( Aurelia aurita).
  • Anthozoa 

Anthozoa berasal dai kata “Anthos” yang berarti bunga karena bentuknya yang seperti bungan. Anthozoa hidup sebagai polip dan tidak memiliki bentuk medusa. Bentuk tubuh anthozoa  berupa silinder pendek, pada salah satu ujungnya terdapat mulut berupa celah yang dikelilingi tentakel yang terlihat seperti bunga. Anthozoa pada umumnya hidup berkoloni, meskipun ada yang hidup soliter. Contoh spesies dari Anthozoa yaitu anemon laut dan karang.
Daur Hidup Aurelia aurita 

Aurelia aurita atau ubur-ubur mengalami pembuahan secara internal yang membentuk zigot yang akan tumbuh menjadi larva bersilia yang disebut planula. Planula selanjutnya tumbuh menjadi polip yang berbentuk terompet yang disebut skifistoma. Skifistoma memiliki lempeng basalis, mulut dan tentakel yang selanjutnya muncul sekat-sekat disebut strobila. Tipa buku strobila akan lepas, disebut efira, dan akan tumbuh menjadi ubur- ubur baru (medusa).
Peran Cnidaria Bagi Kehidupan
Anggota Cnidaria dari kelas Anthozoa merupakan pembentuk terumbu karang yang utama, misalnya Tubipora, Meandrina, dan Acropora. Selain itu, anemon laut memiliki tentakel dengan warna yang menarik dan merupakan penyusun taman laut yang indah. Meskipun demikian, tentakel tersebut juga berbahaya karena sel- sel penyengatnya dapat menyuntikan racun yang membuat ikan atau hewan -hewan kecil lainnya melewatinya menjadi pingsan atau mati.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Porifera: Definisi, Struktur, Makanan, Klasifikasi, Reproduksi, dan Peranan Porifera